April 30, 2015

Kim Jong-Un Bakal Eksekusi Mati 15 Pejabatnya

Kim Jong-Un Bakal Eksekusi Mati 15 Pejabatnya
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, memberikan pidato saat mengunjungi pilot Tentara Rakyat Korea yang menyelesaikan pertempuran di daerah Gunung Paektu, Korea Utara, 19 April 2015. REUTERS/KCNA
Presiden Korea Utara Kim Jong-Un dilaporkan telah memerintahkan mengeksekusi mati 15 pejabat senior tahun ini.

Informasi tersebut didapat dari badan intelejen Korea Selatan (NIS). Di antara mereka yang akan dieksekusi didalamnya termasuk dua wakil menteri yang menantang kebijakan Kim.

“Mereka dieksekusi termasuk dua wakil menteri,” kata NIS dalam rapat dengar pendapat dengan Legislatif yang dilansir France 24 pada Rabu, 29 April 2015. Badan ini mengatakan dalam pertemuan parlemen, mereka akan dieksekusi oleh regu tembak karena dituduh sebagai mata-mata.

NIS juga mengatakan salah satu pejabat yang juga telah dieksekusi pada Januari adalah menteri kehutanan yang mengeluhkan rencana reboisasi Korea Utara. Empat anggota Unhasu Orchestra Korea Utara juga diyakini telah dilaksanakan pada bulan Maret 2015.

Pada 2013, Kim Jong-Un mengeksekusi mati pamannya, Jang Song-thaek, bersama sekelompok pejabat terdekat. Jang dipandang sebagai mentor untuk Kim Jong-un selama transisi kepemimpinan dari ayahnya Kim Jong-il pada 2011.

Namun para analis mengatakan pertumbuhan kekuatan politik Jang dan intervensi dalam transaksi perdagangan yang menguntungkan tidak disukai oleh keponakannya. Kim Jong-Un dianggap mengikuti kebijakan dari ayah dan kakeknya untuk mengatasi korupsi dan pembangkangan di pemerintahannya. (www.tempo.co)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar