Januari 27, 2015

Cerita Si Penagih Utang

Konon suatu hari ada seorang penagih utang dateng ke rumah seorang debitur yang sudah lama nunggak utangnya. Si penagih utang berusaha menjelaskan panjang lebar maksud kedatangannya, mulai dari sebab munculnya tagihan sampe segala macem usaha yang sudah dilakukan untuk menagih utang tersebut.
“Jadi Pak, maksud kedatangan saya kesini adalah untuk mengingatkan bahwa sampeyan masih punya kewajiban ngelunasi utang sebesar tiga juta rupiah. Silakan sampeyan datang ke kantor untuk menyelesaikan kewajiban tersebut. Kalo misalnya merasa keberatan melunasi sekaligus sampeyan bisa bicarakan dulu mekanismenya, mungkin nanti sampeyan bisa mencicil.” Kata si penagih utang.
Si tuan rumah yang sudah mumet mikir bayaran anak sekolah, utang ke tukang sayur, tunggakan arisan RT, mertua yang lagi sakit, dan puluhan beban dunia lainnya tersebut seakan ndak mendengar perkataan si penagih utang, bahkan mempersilakan duduk pun ndak. Dia masih tenang duduk anteng di pojokan teras rumah sambil meneruskan kegiatannya.
Dengan logat daerah yang cukup kental akhirnya sang tuan rumah berkata, “Saya lagi ngasah arit Dik, makin lama sampeyan di sini makin lama juga saya ngasah aritnya. Dan kalo sampeyan belom tau, arit ini makin lama diasah akan makin tajam!”
Cerita di atas adalah cerita yang sering dipake untuk nggojlok anak-anak baru yang kebetulan dapet tugas jadi tukang tagih di pabrik tempat saya mburuh. Entah benar atau ndak, yang jelas cerita itu cukup untuk menggambarkan bahwa kerja jadi penagih utang itu harus siap dengan bermacem resiko. Mulai dari resiko yang menyenangkan, misalnya debitur ternyata seorang janda muda kesepian yang sekseh semlohay, sampe resiko yang menyeramkan, misalnya di rumah sang debitur ternyata banyak dengan pohon mangga yang penuh ulat bulu.
Saya sendiri kebetulan pernah kedapuk jadi tukang tagih, untungnya ndak terlalu lama, cuma sekitar setahun. Jadi sedikit banyak saya tau suka dukanya jadi tukang tagih, percaya sama saya, walaupun citra debt collector di masyarakat jeleknya ngaudubilahiwongurip, tapi dalam keseharian lebih banyak melasnya. Pokoknyatm kalo ndak kuat mental bakal cepet tua, layu trus berguguran seperti bunga sakura di musim pancaroba.
Waktu saya masih jadi tukang tagih utang dulu yang saya niatkan di pagi hari sebelum berangkat mburuh adalah: saya niat jalan-jalan hari ini.
Kok gitu?
Pokoknyatm niat jalan-jalan, nanti kalo ketemu sama orang yang ditagih trus dia mbayar ya berarti lagi beruntung, kalo ketemu sama orangnya trus saya dimaki-maki ya musibah, tapi kalo ndak ketemu siapa-siapa ya ndak papa, kan niatnya jalan-jalan.
Memangnya ndak ada target?
Target jelas ada, wong namanya kerja ikut orang alias mburuh, pasti ada target. Tapi niatnya tiap hari tetep sama, jalan-jalan. Bedanya kalo target belum terpenuhi jalan-jalannya lebih banyak pelotot kanan pelotot kiri, sedangkan kalo target sudah lewat ndak perlu banyak melotot, jalan-jalan lebih nikmat.
Apa yang paling susah waktu nagih utang?
Nyari orangnya. Kadang alamatnya ndak ketemu, kadang alamat ketemu tapi ternyata cuma rumah kontrakan dan orangnya sudah pindah, kadang alamat ketemu tapi orangnya lagi pergi. Yang paling susah kalo alamat ketemu ternyata rumahnya reyot, anak dan istrinya kurus kering, trus belum sempat kita nagih orangnya sudah ngeluh panjang lebar soal beratnya menanggung beban dunia.
Pernah ketemu yang menyeramkan?
Bangsanya kuntilanak atau pocong gitu? Ndak pernah, kan kita nagih selalu siang-siang.
Maksudnya debitur yang galak!
Oalah, ngobrol dong . Debitur yang galak pasti ada, tapi ndak banyak. Sama halnya dengan penagih utang yang kasar dan serem macem jin iprit pasti ada, tapi juga ndak semua. Dari yang sekedar adu argumen sampe yang cuma bisa ngangguk-angguk diomeli sama seorang perwira batalyon tempur saya pernah.
Tapi untungnya ndak pernah sampe adu fisik, bukan apa-apa, kalo adu fisik eman-eman badan saya, sudah kurus kering begini kalo gebuk-gebukan mau jadi apa nanti.
Intinya jadi penagih utang itu modal omongan, persuasip kalo kata orang-orang pinter di pabrik. Mencari di mana letak benang kusut yang menyebabkan terjadinya tunggakan dan berusaha sebaik mungkin mengurainya. Saya seneng, pabrik seneng, yang nunggak juga seneng, itu tujuan akhirnya. Tapi kalo memang ndak semua pihak bisa disenangkan, minimal saya yang seneng.
“Halah! Jangan percaya omongannya!” Kang Noyo mendadak motong pembicaraan saya sama anak baru yang katanya sudah diplot jadi tukang tagih.
Kang Noyo nunjuk saya sambil ngomong sama si anak baru, “Kamu tau, dia ini waktu jadi tukang tagih andalannya cuma dua. Kemenyan sama kembang setaman!”
Saya bengong, si anak baru apalagi.
Jiyan!
(https://mastein.wordpress.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar